I only compute the collision between bed and blue one.

Python version of this flash action script of electron under Lorentz force, :)

from visual import * from random import uniform display(center=(0,0,0),background=(1,1,1), autoscale=False, width=600, height=600, #forward=(-0.4,-0.3,-1) ) distant_light(direction=(1,1,1), color=color.red) l = 11 dt = 1

Sudah lama tidak otak-atik Macromedia Flash. Yup, masih yang Macromedia, bukan Adobe, :) . Membuat animasi bola bermuatan (atau elektron) yang bergerak lurus dengan kecepatan konstan tiba-tiba mencapai daerah dengan  medan magnet. Sesuai hukum Lorentz maka bola/elektron akan bergerak melengkung. Action script hanya ditulis pada action di frame pertama layer background. px0 = bola._x; py0 = bola._y; awal(); _root.onEnterFrame = function() { if (jalan == true) { proses(); } //trace(jalan) }; function awal() { jalan = false; bola._x = px0; bola._y = py0; q = 1; B = 1; tB.text = B; //massa m = 1; tm.text = m; //kecepatan vx = 50; vy = -10; tvx.text = vx; tvy.text = vy; //percepatan ax = 0; ay = 0; //posisi px = 0; py = 0; dt = 1/8; } function bacaInput() { vx = Number(tvx.text); vy = Number(tvy.text); m = Number(tm.text); B = Number(tB.text); } function updateNilai() { tB.text = B; tm.text = m; tvx.text = vx; tvy.text = vy; } function proses() { v = Math.sqrt(vx*vx+vy*vy); if (bola._x>200) { F = B*q*v; } else { F = 0; } a = F/m; //arah vektor normal v nvx = vx/v; nvy = vy/v; /*arah vektor percepatan karena vektor yang tegak lurus a=(ax,ay) adalah at=(-ay,ax) */ nax = -nvy; nay = nvx; ax = a*nax; ay = a*nay; //hitung kecepatan baru vx += ax*dt; vy += ay*dt; px += vx*dt; py -= vy*dt; trace(F); //update posisi bola bola._x = px0+px; bola._y = py0+py; updateNilai(); } //tombol-tombol //tombol tbJalan tbJalan.onRelease = function() { bacaInput(); jalan = true; }; tbStop.onRelease = function() { jalan = false; }; tbReset.onRelease = function() { awal(); }; .

@sheilaon7

+sheilaon7VEVO

Jika kita punya sebuah list bernama bola yang didefinisikan sebagai:

bola = []

kemudian kita membuat obyek bernama ball

ball = sphere (pos=(uniform(1,7),0,uniform(-7,7)), radius=.3, color (uniform(0,1),uniform(0,1),uniform(0,1)))

ball.vx  = uniform(-7,7)

ball.vy  = uniform(-7,7)

ball.vz  = uni

Pelajaran dari sinetron.

Gakpapa jahat. Di sinetron dengan 497 episode, anda akan menikmati hidup bersenang-senang selama 496 episode, hanya di episode akhir akan kena batunya. 

Tapi jangan khawatir, di sinetron bertema puasa.

It's basically an unused cymbal thrown on top of another broken one at the cymbal stand, :P

#edisiError

So much faster than matplotlib 3d projection from visual import * from random import uniform display(center=(0,0,0), #pusat display background=(1,1,1), #autoscale=False, #agar display tidak otomatis mengikuti obyek width=600, height=600, forward=(-0.4,-0.3,-1)) #arah kamera x = 1. y = 1. z = 1. dt = 1./64. s = 10. b = 8./3. r = 28 w = 0. dw = 0.01 n = 0 while 1: rate(1) while n<3000: n += 1 xdot = s * (y-x) ydot = x*r -x*z -y zdot = x*y -b*z x = x+xdot*dt y = y+ydot*dt z = z+zdot*dt w +=dw if w>1 or w<0: dw = -dw sphere(pos=(x,y,z),radius=.7,color=(0.,w,0))

Sharpening old n rusty skill, :P

Sharpening old n rusty tool, :)

Sharpening old n rusty tool, :)

Sharpening old n rusty tool, :)

Alfa suka roti bakar "tesoberry" buatan ibuknya atau buatanku (yang hampir pasti selalu gosong, :) ). Kadang dia ingin rasa lain. Beberapa hari sekali minta roti bakar keju dan "yang coklat untuk adek". Beta memang suka  coklat. Jadilah, jika di pagi hari dia pesan sewaktu saya akan berangkat ngampus (saat dia kuantar ke rumah budhe), maka pulang harus bawa roti bakar bandung rasa coklat dan keju terpisah buat mereka. Awalnya saya langganan beli  roti bakar di pertigaan yang lumayan dekat dengan rumah.  Langganan, yeah, karena di situ selalu sepi, jarang sekali ngantri. Ternyata juga jarang sekali penjualnya ada meski dagangannya ada, entah kenapa. Ehm, sepi, ternyata itu. Tetap saja kadang saya rela menunggu lima belas menit untuk orangnya datang. Pulang ke rumah dengan tangan kosong bukan pilihan yang bagus, meski Alfa Beta terkadang juga tidak protes. Mengajari mereka menepati janji dengan contoh nyata, :)

Seriously, it need mooore practice, :D

I know. Using solely center of mass as main contributor in force calculation is bad idea in nearly homogenous n-body system.

Well, I'm curious about that. So, just bite it.

And, yeah, bad idea.

The system is fine, generally.

Each body move as usual, at a glimpse.

But if we go detail about that.

Cari cara agar mereka jadi enak untuk dilihat. Di kode sebelumnya, bola sudah dicegah agar tidak melarikan diri dengan menambahkan kotak, mereka akan memantul jika menabrak kotak. Beres, sekarang tambahkan interaksi antar bola, interaksi sederhana, gravitasi. Ok, pake metode brutal, untuk tiap-tiap bola, hitung satu-satu interaksi gravitasi dengan seluruh bola, kemudian jumlahkan.

Merangkak dari kode sebelumnya, dengan tambahan kotak yang mengungkung bola-bola yang mengitari titik asal dengan berbagai kecepatan.

Sharpening my long-abandoned-side-skill, :)

Sharpening my long-abandoned-side-skill, :)

The beginning of the new kind of posts, :)

Latihan open handed drumming dengan lagu metal, :)

I don't use n body calculation, every sphere only attracted by force from origin, dependent upon its position.

from visual import * from random import uniform,random l = 17.

I used previous code (with matplotlib animation).

Ternyata susah niru drumming-style yang kayak gini

Menyapa kembali mainan lama, :)

from visual import * floor = box (pos=(0,0,0), length=4, height=0.5, width=4, color=color.blue) bola = [] n = 2 for i in range(n): ball = sphere (pos=(0,4,0), radius=1, color=color.red) ball.v = vector(0,-1,0) bola.append(ball) dt = 0.01 bola[1].pos=(1,1,1) while 1:

Open handed practice

After failed with regular plot() syntax, I have luck with the scatter() one, :)

""" Cluster """ import numpy as np #untuk operasi array import matplotlib.pyplot as plt #untuk gambar grafik from mpl_toolkits.mplot3d import Axes3D import matplotlib.animation as animation #untuk menggerakkan grafik fr

Using three mapping.

import numpy as np #untuk operasi array import matplotlib.pyplot as plt #untuk gambar grafik import matplotlib.animation as animation #untuk menggerakkan grafik fig, (ax, ay, az) = plt.subplots(3,sharex=True) x = 1. y = 1. z = 1.

Kinanthi: Ada apa to Meg, kok nggremeng sendiri?

Megatruh: Itu lo Kin, cewek ter-hot di kelas kita

K: Makasih

M: Bukan kamu!

K: Oh. Ya sudah, teruskan ngedumelnya.

M: Dasar...

K: Memang dia kenapa?

M: Kayaknya dia gonta-ganti pakaian baru seminggu sekali. 

K: Lha ya biar to.

M: Iya sih.

I use Conway's model in Python with numpy and matplotlib module.

Try to make a simple code

#mentah from pylab import * n = 193 t = 0 dy = 1./64. w = 1./8. #wavelength L = 1. #distance to screen d = .001/L #half slit distance, weird it is, but anyway... y = zeros(n) S = zeros(n) A = 1. f = 1./w # v = 1.

Ok, it's my last fractal this month, :D

import turtle import numpy #buat pola di sini #kura-kura menghadap ke atas turtle.shape("turtle") turtle.speed(10) turtle.left(90) lv = 11 l = 100 dl = 3./4. sl = 17 sr = 39 bl = 1./2. br =1./4.

Open handed practice

Tinkering with hand drumming and left foot cowbell, :)

Relax.

Just remove the app, and re-download it.

Modifikasi dari kode sebelumnya

import turtle import numpy #buat pola di sini #kura-kura menghadap ke atas turtle.shape("turtle") turtle.left(90) lv = 11 l = 100 sl = 47 sr = 17 turtle.penup() turtle.backward(l) turtle.pendown() turtle.forward(l) def maju(l,level): l = 3./4.*l #turtle.backward(l) t

From previous code

Here is "minus one" nearly symmetrical fractal tree

import turtle import numpy #buat pola di sini #kura-kura menghadap ke atas turtle.shape("turtle") turtle.left(90) lv = 7 l = 100 s = 17 turtle.penup() turtle.backward(l) turtle.pendown() turtle.forward(l) def maju(l,level): l = 3./4.*l turtle.left

:)

Planned to coding tree branch of tree, fractal mode, using turtle module on python. Has some trouble on backward rule.

Open handed drumming practice

Open handed drumming practice

Archive
Label
Popular Posts
Popular Posts
Loading