Sebuah diary dari album foto Facebook saya:

Software ini dibuat pada jumat pon malam sabtu wage 28-8-'09 dengan menggunakan bahasa Python setelah menyadari bahwa Macbook ku ternyata memiliki accelerometer, sebuah sensor gerak.

Software ini mensimulasikan bola-bola yang berserakan di lantai (bisa memantul) yang pergerakannya ditentukan oleh kemiringan bidang lantai. Kemiringan lantai ini diatur dengan memiringkan laptop. Detilnya agak mengerikan, tapi toh hasilnya lumayan.

Pertama menjalankan software ini kupikir ada yang salah, kok bolanya menggelinding ke kanan terus, ternyata mejaku yang miring, hei... software ini bisa buat waterpass lho.

Salah satu sensor di laptop Apple merupakan sensor arah gravitasi atau sensor gerakan laptop atau sensor kemiringan.
3

Membaca File Excel Menggunakan Python

Artikel ini membahas cara membaca data Ms Office Excel (.xls) dari Python. Hal ini berguna untuk pengolahan data mentah dari Excel sebagai input untuk Python. Untuk keperluan ini, diperlukan modul bernama xlrd.

Kode program Python dalam artikel ini ditulis di dalam IDLE, sebuah kode editor, namun bisa ditulis di notepad, vi atau text editor yang lain.

Artikel ini merupakan lanjutan dari Membaca File Excel menggunakan Python (Revised(Revised))

Kode Python berikut berisi metode Runge-Kutta orde-4 untuk menyelesaikan persamaan differensial orde dua, simulasi dan visualisasi hasil penyelesaian persamaan dan perintah untuk menyimpan hasil penyelesaian dalam format Ms Excel. Meski demikian, tidak dibutuhkan program Excel sama sekali untuk menjalankan kode tersebut. Persamaan yang diselesaikan dalam contoh ini adalah persamaan sistem pegas ideal.

Shape Tween adalah fitur di Flash yang memungkinkan untuk mengubah suatu bentuk menjadi bentuk yang lain. Dengan Shape Tween kita bisa membuat animasi lingkaran menjadi kotak atau bentuk yang lain.

Langkah pertama, buat Flash Document baru.

Artikel ini membahas tentang pembuatan animasi di Flash dengan fitur Motion Tween dimiliki Flash. Dengan fitur tersebut, kita dapat dengan mudah membuat animasi gerak-gerak dalam fisika, misal animasi gerak lurus beraturan dan animasi katrol. Kelemahan dari fitur ini adalah kita sulit mengatur kecepatan gerak benda-benda sedemikian sehingga memenuhi hukum fisika karena di sini kita mengatur kecepatan, percepatan dan arah secara manual.

Obyek di flash dapat digerakkan dengan motion tween, shape twin dan action script. Dua yang pertama melibatkan banyak frame dan memiliki kemudahan dalam mengatur obyek agar bergerak dengan gerakan yang ‘rumit’, misal gerakan seperti coretan pensil pada kertas. Namun dengan motion atau shape tween kita akan mengalami kesulitan untuk menggerakkan obyek dengan kecepatan dan percepatan tertentu.
Archive
Label
Popular Posts
Popular Posts
Loading